8 Tips Jitu Menjadi Pengusaha Sejati (Tiru kebiasan orang sukses)

8 tips jitu menjadi pengusaha sejati

Menjadi pengusaha sukses itu saat ini adalah dambaan banyak orang, namun anda tidak akan menjadi Sukses sebelum melakukan langkah-langkah yang dilakukan oleh para mastak di dunia bisnis.

Untuk itu, kalau anda ingin sukses maka harus meniru cara-cara pengusaha sukses yang sudah lebih dulu dari anda.

Untuk itu pada hari ini saya ingin berbagi 8 Tips Jitu yang akan mengantarkan anda menjadi pengusaha sejati. Apa saja tips itu, silahkan anda simak penjelasan saya berikut ini

Tips Jitu Menjadi Pengusaha Sejati

1. Segera Memulai Bisnis

Sudah sering saya ulang-ulang dalam bahasan terdahulu seperti di artikel ‘Kunci Sukses Memulai Usaha’. Bisnis itu butuh Action karena tanpa segera memulai maka bisnis anda hanya sebuah hayalan.

Tak ada artinya segudang teori bisnis yang anda kuasai namun NOL action, untuk anda harus memulai sekarang juga.

Sebab dengan praktek itu anda akan belajar banyak hal, dimana anda akan merasakan jatuh bangun dalam membangn bisnis.

Sama halnya saat kita ingin bisa naik motor, tanpa memulai maka anda tidak akan pernah bisa mengendarai motor.

Akan tetapi jika anda langsung praktek maka secara perlahan anda akan bisa memahami bagaimana mengendarai motor dengan baik.

Walau diawal anda harus merasakan terjatuh bahkan betis anda harus merasakan panasnya kenalpot motor. Namun itulah yang disebut proses belajar dan akan membuahkan hasil yang maksimal.

Sama halnya dalam bisnis, bisa jadi diawal anda akan merasakan sakitnya ditipu konsumen. Atau anda akan merasakan betapa sedihnya produk anda tidak laku-laku hingga masa expired nya habis.

Namun itu adalah proses melatih anda semakin lincah dan berpengalaman dalam mengembangkan jiwa bisnis. Untuk itu mulai saat ini anda harus action, dan setelah acation maka baru anda bisa mempraktekkan teori-teori bisnis yang sudah pernah anda pelajari.

2. Belajar dari Pengalaman

Seorang pengusaha itu akan selalu menjadikan kegagalan itu sebagai guru berharga untuk menjadi semakin sukses.

Oleh karena itu seperti apapun pengalaman yang ia dapatkan akan menjadi pengalaman bergaharga dan tidak akan disia-siakan.

Terutama pengalaman gagal karena kegagalan itu sebetulnya adalah nikmat. Dimana kita akan tahu bahwa itu sebuah kesalahan yang kemudian hari akan selalu KITA hindari.

Kita bisa lihat kisah seorang Bill Gates, seorang pengusaha Sukses dibidang IT ini juga pernah Mengalami Kegagalan, namun Kegagalan itu bukan menjadi Penghalang ia untuk bangkit.

Sebelum ia membangun Microsoft rupanya ia juga sempat membangun usaha di bidang IT dan perusahaannya bernama Traf-O-Data.

Perusahaan yang bergerak dibidang pengelolaan data dari volume lalu lintas baik itu jalan ataupun kendaraan.

Rupanya produk yang ia tawarkan tidak mendapatkan pasar sehingga harus gagal,dari kegagalan tersebut tidak membuat Bill Gates patah semangat.

Justru kegagalan itulah yang menghantar ia membangun perusahaan Microsoft dan menjadi Perusahaan Multi Nasional seperti saat ini.

Jadi! Jika anda mengalami kegagalan maka itu sebagai momen penting untuk mengintrofeksi usaha atau bisnis yang anda jalankan.

Tentunya dengan membuat inovasi baru, atau menciptakan produk baru yang bermula dari produk yang telah gagal.

3. Berani Jatuh Bangun

Ketika anda memutuskan ingin menjadi seorang pengusaha, maka yang perlu anda perhatikan adalah Gagal.

Karena setiap orang-orang yang saat ini menjadi Pengusaha sukses baik kelas Dunia atau Indonesia maka bisa dipastikan sebagian besar mereka sudah pernah mengalami kegagalan.

Jadi anda harus sudah mempersiapkan bahwa anda akan mengalami yang namanya kegagalan tentunya dengan kadar kegagalan yang masin – masing orang berbeda.

Apakah itu gagal saat meluncurkan produk, atau gagal mencapai target penjualan atau gagal melawan kuatnya persaingan.

Namun, yang pasti anda harus mempersiapkan cara menghadapi kegagalan. Tentunya tidak lain tidak bukan caranya adalah dengan mempersiapkan Ilmu.

Untuk itu jangan pernah berhenti belajar baik itu dari pengalaman, buku, seminar yang memang berkaitan dengan usaha anda saat ini.

Jika anda mengalami gagal atau jatuh maka jadikan kegagalan itu sebagai pijakan awal untuk bangun kembali. Mereka orang-orang sukses selalu melakukan itu, dan mereka tidak mengalami yang namanya putus asa.

Jadi sikap anda saat mengalami kegagalan itu yang harus anda persiapkan sehingga anda mampu bangun kembali.

“Gagal mempersiapkan diri adalah mempersiapkan untuk gagal.”John Wooden

4. Tidak Ada Kata Gagal

Ketika kita berkomitmen untuk mewujutkan cita-cita menjadi seorang pengusaha sukses maka kita harus mencoret kata gagal dalam pikiran kita. Justru dengan memikirkan kegagalan itu akan menjadi penyebab kita gagal total.

Kegagalan seorang pengusaha itu bukan saat usahanya bangkrut atau merugi, Bukan juga saat pengusaha di tipu oleh mitra atau pelanggan. Akan tetapi kegagalan seorang pengusaha itu adalah saat putus asa dan tidak mau memulai kembali.

Jadi dalam kamus pengusaha tidak dikenal yang namanya gagal karena Pengusaha akan selalu terus bangkit saat usahanya bangkrut. Akan terus Mencoba membuka usaha nya kembali walau sudah kesekian kali merugi.

Pengusaha itu akan terus melangkah walau banyak cibiran dari orang-orang disekitarnya, ia tak akan mempedulikan apa yang mereka nyinyirin.

Bagi seorang pengusaha itu, hanya satu keyakinannya bahwa dia akan mencapai puncak kesuksesannya walau saat ini masih terpuruk.  Keyakinan yang kuat ini yang akan menjadi bahan bakar buat dia untuk mengapai kemenangan.

5. Pandai Mengatur Waktu

Antara orang  kaya dan orang miskin sudah diberi jatah waktu yang sama oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Yakni sama-sama 24 Jam dalam 1 hari. Jadi anda memiliki kesempatan yang sama dengan orang-orang yang tealah sukses.

Untuk itu, yang harus diperhatikan adalah bagai mana cara memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Aturlah waktu anda seefesien mungkin.

Dan gunakan Ilmu managemen waktu yang saat ini sudah sangat mudah bisa anda temukan baik lewat buku atau seminar-seminar. Tanpa managemen waktu yang baik maka waktu yang terbatas ini akan banyak yang terbuang sia-sia.

Dilingkungan anda, bisa di temukan banyak pengangguran yang menghabiskan waktunya dengan sia-sia. malamnya dihabiskan untuk nongkrong, main games, nonton Film lalu paginya digunakan untuk tidur.

Hari – hari mereka dilalui dengan kativitas semacam itu terus menerus, hingga mereka terbiasa dengan itu dan tak mampu bangkit dari keterpurukan.

Sedangkan seorang pengusaha sukses memanfaatkan waktu yang terbatas tersebut dengan cara yang bertolak belakang dengan seorang pengangguran.

Bagi mereka waktu adalah uang atau kalau pepatah arab menganggap waktu adalah pedang. Sehingga jika tidak mampu memanfaatkan secara baik maka waktu bisa membunuh mereka.

Meraka akan sangat jarang menghabiskan waktu mereka didepan TV atau hanya ngobrol santai yang cendrung tidak bermanfaat dan lebih banyak maksiat yakni menghibah orang lain.

Mereka akan selalu mengisi waktu dengan aktivitas yang akan menunjang kesuksesan usahanya. Bisa dengan menghabiskan waktu santainya untuk membaca buku, bertemu relasi bisnis, ikut pelatihan, seminar dan hal – hal yang sejalan dengan cita-citanya.

6. Mengembangkan Relasi

Relasi yang banyak akan menjadi modal yang penting untuk menggapai kesuksesan. Sehingga bagi pengusaha mengembangkan relasi itu akan menjadi kewajiban.

Dia akan selalu memperbanyak interaksi dengan orang-orang yang menjadi target marketnya. Terlebih lagi di era Digital Marketing saat ini.

Bisa mengembangkan relasi lewat Facebook, WA, Instagram, Telegram, youtube dan cara – cara ini memang sangat terbukti ampuh.

Mereka menggunakan media sosial tersebut untuk membranding personal ataupun bisnis mereka. Dengan begitu, brand mereka semakin terkenal sehingga akan mudah mendapat pelanggan baru.

7. Berani Berinvestasi

Ketika bisnis mulai berkembang dan menghasilkan maka para pengusaha itu tidak akan terlena dengan apa yang telah mereka hasilkan.

Akan tetapi justru mereka akan mengembangkan kekayaan mereka dengan cara menginvestasikan kekayaan mereka. Bisa membeli saham di usaha-usaha lain baik itu perusahaan yang sudah go publik maupun usaha- usaha kemitraan yang berpeluang berkembang.

Bisa juga berinvestasi pada investasi yang resiko sedang seperti Beli Kos kosan, rumah kontrakan, lahan perkebunan dan masih banyak investasi bentuk lainnya.

Selain itu, mereka juga bisa menabung emas agar mengamankan kekayaan mereka agar tidak terkena Inflasi. Sebagaimana kita tahu bahwa nilai emas selalu sama dari waktu kewaktu.

8. Punya Cita-Cita besar

Cita – Cita besar itu mampu membuat orang bersemangat untuk menggapai impiannya. Rata-rata Pengusaha sukses itu bermula dari memiliki cita-cita besar.

Bagi mereka menetapkan cita – cita setinggi langit bukanlah sebuah khayalan namun pijakan awal untuk menggapai kesuksesan. Namun dalam menetapkan cita – cita harus rasional dan mampu diwujudkan.

Ketika anda menetapkan ingin menjadi pengusaha kreatif seperti CEO Bukalapak maka anda tentunya harus mengawali dengan mengetahui dunia IT. Lalu anda mencoba membangun toko online yang baik dan berkualitas.

Setelah itu anda harus merancang cara promosi yang epektif agar banyak orang yang menggunakan toko online anda. Sebelum sukses seperti sekarang ini achamad Zakky sudah mulai menekuni dunia IT sejak ia kuliah.

Setelah lulus kuliah dia membangun Suitmedia (perusahaan jasa pengembangan web). Dalam perjalanan di Suitmedia rupanya impian besar muncul dalam benak  Achmad Zakky yakni ingin membangun sebuah marketplace.

Dimana Marketplace tersebut bisa membawa manfaat yang lebih besar bagi para UMKM di Indonesia. Walau diawal saat merintisnya, mereka mengalami banyak penolakan dari UMKM yang diajak bergabung membuka toko mereka di bukalapak.

Akan tetapi mereka tidak patah semangat hingga dalam waktu 1 tahun perjalanan semakin banyak yang bergabung di bukalapak. Dan dari situ mulai bergabung para Investor besar untuk menanamkan modal di Marketplace ini.

Dan buah dari kerja keras serta cita – cita besar sang CEO Bukalapak.com akhirnya sekarang ia memperoleh buah manisnya. Bukalapak kini masuk pada Startup unicorn di Indonesia setelah GO-JEK, Traveloka, dan Tokopedia.

Nah, itulah 8 tips Jitu yang dimiliki oleh para pengusaha sukses dan bisa anda contek agar kesuksesan itu juga ikut mendekati anda.

Tinggalkan Balasan