Bingung Mau Mulai Dari Mana? (langkah Awal Memulai Usaha)

Bingung Mau mulai dari mana?

Kondisi ekonomi Negara yang lagi sulit ini tentunya sangat berpengaruh pada masyarakat luas dimana PHK dimana-mana dan banyak lulusan Perguruan tinggi yang sulit mencari kerja.

Dengan kondisi itu tentunya kita tidak bisa hanya berdiam diri mengharapkan belas kasih orang lain namun kita harus menggerakkan kaki kita melangkah untuk mewujutkan mimpi yakni salah satunya adalah menjadi seorang pengusaha.

Akan tetapi menjadi pengusaha itu berbeda dengan karyawan yang hanya nunggu perintah dari bosnya. Sedangkan pengusaha itu kudu berani mengambil keputusan dan mengeksekusi tindakan.

Sehingga untuk menjadi pengusaha itu butuh mental yang kuat untuk itu anda harus merobah mental terlebih dahulu jika saat ini masih bingung mau mulai dari mana?.

 

Pertama-tama anda tentunya harus mengetahui caranya, bagaimana memulai mendapatkan pendapatan walau disaat kondisi ekonomi sekarang ini sedang peceklik.

Yah itulah tujuan dari dibuatnya web ini yaitu untuk membantu anda memiliki pengetahuan terkait ide bisnis, step by step memulai bisnis, Internet marketing dsb.

HusinIM merupakan sebuah media pembelajaran dan tempat saling berbagi Ilmu tentang bisnis baik online ataupun ofline.

Bukankah ketika kita memiliki ilmu yang sedikit lalu diajarkan maka Ilmu yang  kita ajarkan akan semakin bertambah.

Atas dasar itu saya ingin berbagi dengan anda walau ilmu saya tidak seluas para masta di Dunia Internet Marketing tetapi hal itu tidak memupuskan semangat saya untuk berbagi.

Oke mari  kita balik kejudul, hari ini temanya adalah ingin mengupas permasalah terbesar bagi pemula khususnya di dunia bisnis baik itu ofline ataupun online.

Masalah terbesarnya adalah Bingung mau memulainya darimana!!!

Pertama-tama yang harus anda ketahui adalah :

bingung mau mulai dari mana?

Mental

Sebetulnya yang membedakan antara orang yang sukses dengan orang yang gagal itu terletak pada mental, dan mental itu sangat mempengaruhi kesuksesan yang ingin anda capai.

Oleh karena itu yang harus  kita lihat pertama-tama adalah seperti apa mental yang anda miliki saat ini. atau sudahkah anda mempunyai mental sebagai seorang pengusaha.

Karena urusan mental itu sangat mempengaruhi tindakan atau keputusan yang akan anda ambil baik itu memulai atau tidaknya sebuah usaha yang sudah direncanakan.

Berbeda jika anda hanya menjadi seorang karyawan sebab anda hanya mengikuti instruksi dari bos anda, tanpa perlu pusing membuat perencanaan untuk membangun sebuah bisnis.

Untung tidak untungnya perusahaan tetap saja anda digaji selama tenaga anda masih dibutuhkan. Bisa dibilang menjadi karyawan itu adalah sedikit resiko, penghasilan tetap dapet setiap bulannya.

Sedangkan seorang pengusaha akan selalu memikirkan bagaimana usahanya tetap berkembang dan mampu menghasilkan keuntungan.

Tentunya dengan begitu besarnya peranan seorang pengusaha dalam menahkodai perahu bisnisnya tentunya dia harus memiliki mental baja.

Mental Pengusaha yang harus anda miliki:

  • Berani Memulai.
  • Tidak takut sama rugi atau siap mengalami resiko gagal.
  • Berani mengambil keputusan walau beresiko.
  • Berani Keluar dari zona nyaman.
  • Punya kepercayaan diri yang tinggi.
  • Tidak mengedepankan Gengsi atau Malu.
  • Berpikiran positif, Inovatif.
  • Jujur dan tidak mau menghianati kesepakatan.
  • Berpegang teguh dengan komitmen yang telah dibuat.
  • Terus Belajar walau sering mengalami kegagalan.

Artinya dari rincian diatas bisa kita pahami bahwa untuk menjadi pengusaha itu kita kudu menjadi manusia tangguh, mandiri dan tentunya tidak manja.

Bagaimana mungkin anda akan menjadi pengusaha sukses kalau secara finansial saja masih menggantungkan diri pada orang tua atau  keluarga.

Lalu kenapa anda sampai sekarang anda masih bingung ? jawabanya hanya satu adalah mental.

Karena didalam pikiran anda masih tersimpan rasa takut yang tinggi.

Diantaranya takut  gagal, takut di rendahkan orang, takut dimarah orang tua atau keluarga, takut tidak punya penghasilan tetap, takut tidak makan dan ketakutan-ketakutan lainnya.

Lalu bagai mana dong solusinya ? Rubah rasa takut didalam diri anda itu menjadi sebuah keberanian.

Yang tadinya takut gagal maka rubah menjadi berani gagal karena kegagalan dalam bisnis itu adalah sepaket dengan kesuksesan yang akan anda raih.

Yang tadinya takut direndahkan orang maka rubahlah menjadi berani Melawan cemoohan orang kalau dalam istilah pribahasanya  adalah Biarkanlah anjing menggonggong kafilah tetap berlalu.

Jadi ga usah urusin cibiran orang selama yang anda lakukan adalah cara bisnis yang halal.

Berikut Kisah Saya dalam Merubah Mental

Saya dulu termasuk orang yang sama dengan contoh diatas yakni serba takut namun tekat belajar saya tinggi sehingga saya sering mengikuti pelatihan, seminar, baca buku terkait bisnis atau pengembangan diri.

Suatu hal yang sangat berharga bagi saya dan sampai sekarang masih saya ingat adalah saat mengikuti kelas Bisnis Young Enterpreneur Comonity (YEC).

Dimana waktu itu diajarkan oleh mentor saya  teknik apirmasi atau renungan. Kami perserta disuruh memejamkan mata dan mendengarkan apirmasi yang dimasukkan dalam pikiran kami oleh mentor.

Kami disuruh membayangkan hal-hal indah ketika menjadi pengusaha sukses dengan segala fasilitas serba ada, mobil mewah, rumah mewah mampu membahagiakan orang tua beserta keluarga tercinta dll.

Dan juga kami disuruh membayangkan kesengsaraan yang luar biasa jika kami tidak menjadi pengusaha sekarang juga.

Diiringi dengan musik sehingga emosi kamipun pecah dan begitu menggebu-gebuserta  semangat kami untuk menjadi pengusaha semakin memuncak.

Apa yang saya rasakan hingga hari ini walau belum menjadi pengusaha sukses tapi paling tidak mental saya yang dulu adalah penakut banget .

Akhirnya setelah mengikuti kelas itu mental jualan saya mulai timbul. Dan waktu itu jualan pertama saya yang saya lakukan adalah jualan flashdist dikampus.

Ide pertama jualan flashdist itu berawal sering buka-buka toko bagus (sebelum berubah menjadi OLX)dan berbekal semangat yang tinggi setelah ikut kelas itu.

Akhirnya kok diliat-liat flashdist ditoko bagus lebih murah dibandingkan dengan harga flashdist ditoko diseputaran tempat kuliah saya. Akhirnya Ide bisnis ini langsung saya eksekusi menjadi bisnis.

Bermodal BBM (blckberry meccenger) yang mana waktu itu lagi populer banget serta foto flashdist hasil  download ditoko bagus lalu saya buat status dan mengirim pesan siaran keteman yang ada di kontak bbm saya.

Rupanya banyak yang respon dan Alhamdulillah walau flashdistnya belum saya beli akantetapi  sudah ada 10 pcs yang dipesan(kurang lebih).

Dan dari penjualan pertama berlanjut pada pesanan kedua,ketiga, keempat dan seterusnya hingga saya menemukan pesaing yang mencontek bisnis saya .

Bahkan Makelar yang saya rekrut pun ia embat juga dengan tawaran fee yang lebih besar dari saya.

Rasanya ngempet banget digituin orang hehehe…

Tetapi pengalaman ini sangat berharga dengan pengalaman itu saya mampu merubah mental penakut menjadi berani berjualan.

Artinya memulai bisnis itu bukan masalah modal (uang) akan tapi masalah mental walau anda punya banyak modal kalau mental tidak ada maka bisnis tidak akan pernah jalan.

Yups,,,itu saja cerita dari saya mudah-mudahan anda saat ini tidak bingung lagi harus mulai dari mana dan nantikan tulisan-tulisan saya selanjutnya.

Tinggalkan Balasan