Cara Membuka Usaha Kecil Kecilan (Hanya modal Internet)

Cara Memulai Usaha Kecil Kecilan

Memulai usaha itu, sebetulnya hanya butuh action dari anda. Jika itu sudah anda lakukan setiap usaha yang anda mulai akan menemukan jalannya masing-masing.

Hanya butuh kesabaran dan ketekunan, serta kemauan untuk belajar agar usaha anda bisa berkembang. Namun jika anda belum juga action hingga di artikel yang ke-8 ini.

Dan bagi anda yang sudah mengikuti beberapa seri ini Maka saya ingin katakan bahwa anda saat ini sedang menjadi orang GAGAL.

Namun buat anda yang baru menemukan website ini, Ingin saya ucapkan selamat karena anda menemukan tempat yang tepat. Disini anda bisa belajar cara membangun Usaha dari NOL walau anda orang awam sekalipun.

Hari ini saya ingin mengangkat tema Cara Membuka Usaha Kecil Kecilan. Tapi bukan hanya itu, anda juga bisa mengembangkan usaha kecil-kecilan ini menjadi usaha yang beromset puluhan atau ratusan JUTA.

Kok BISA??? yah bisa, karena setiap perusahaan bisnis raksasa yang ada saat ini semuanya berawal dari usaha kecil-kecilan. Ga percaya!! ok, saya ingin mengajak anda menerawang contoh perusahaan raksasa tersebut.

Anda kenal toko Online kelas dunia AMAZON.COM? atau anda pernah mendengar nama Jeff Bezos pendiri amazon?.

Jika anda belum sama sekali tahu, maka saya ingin katakan pada anda bahwa perusahan Multi Nasional ini awal didirikan hanya bermodal garasi rumah sebagai gudang stok buku yang akan ia jual secara online.

Namun, karena ketekunan dan kecerdasan pendirinya  Jeff Bezos. kini amazon.com sudah menjadi perusahaan yang bergerak di perdagangan online terbesar di Dunia.

Dan yang dulu hanya jualan buku online, kini semua jenis barang di jual di amazon. Untuk kisah lengkapnya bisa anda baca ulasan ekonomi di situs Okezone.com.

Jadi intinya bisnis yang besar itu, berawal dari bisnis kecil yang bisa jadi tidak diperhitungkan oleh pesaing. Pada artikel kali ini saya akan mengulas  sedikit mengenai

Tips Membuka Usaha Kecil – kecilan :

1. Cari Produk yang akan di Jual

Anda bisa mencari produk yang ada di sekitar anda, yang kira-kira laku di pasaran. Mencari produk tidak harus membeli. Bisa juga anda bekerja sama dengan pemilik produk dan membantunya menjual.

Atau jika anda mempunyai keahlian menciptakan produk maka ini akan lebih bagus, Tentunya tidak hanya bisa membuat tapi anda juga harus bisa menciptakan produk yang berkualitas.

Dari ketiga cara mencari produk diatas, maka di poin ini saya ingin mengajak anda mencari produk dengan menawarkan kerja sama. Karena cara inilah yang akan meminimalkan resiko, sebab anda hanya perantara dan tidak menanggung resiko rugi jika produk tidak laku atau kadaluarsa.

2. Sediakan Media Promosi yang efektif

Setelah anda menemukan produk, langkah selanjutnya adalah mencari media promosi yang benar-benar epektif. Karena dengan ini anda akan menghasilkan keuntungan yang maksimal. Dan hebatnya, media itu sudah tersedia dengan mudah.

Anda cukup memanfaatkan Internet untuk mempromosikan produk anda. Dan tidak perlu panas-panasan memasarkan produk anda. Cukup berdiam diri dirumah dan menghadap laptop atau smartphone.

Namun internet itu, masih bersifat umum dan belum rinci karena diinternet itu juga terbagi menjadi beberapa media promosi. diantaranya sebagai berikut :

  1. Promosi lewat Media sosial

  2. Promosi lewat Toko Online

  3. Promosi lewat Web blog

  4. Promosi lewat email marketing

  5. dll

Cara kedua adalah yang dipilih oleh Jeff Bezos,  yakni dengan membuat toko online bernama amazon.com. Dan kini ia telah menikmati hasil atas usahanya yang rintis dari jaman ga enak

Lalu!! cara promosi mana yang akan anda gunakan untuk mempromosikan produk anda. Itu terserah anda, namun yang perlu anda catat bahwa keempat media promosi online yang sudah saya jelaskan diatas.

Semuanya  sudah memiliki contoh orang-orang sukses yang memanfaatkan media promosi tersebut.

Baik itu, setingkat nasional maupun internasional. Artinya pola orang-orang sukses itu bisa anda tiru dan praktekkan. Sehingga anda mampu meraih sukses seperti mereka.

3. Latih Ilmu Penjualan atau Marketing

Tips yang ketiga ini adalah tips yang dasar karena tanpa mampu menjual maka bisnis anda hanya OMDO (omongan doang). Karena tanpa Ilmu Jualan maka anda tidak akan mendapatkan profit.

Lalu apa artinya bisnis jika tidak mendapatkan penjualan. Nah!! saran saya, sebaiknya anda juga harus terus belajar tentang Ilmu penjualan. Baik itu belajar dari buku, ikut seminar, ikut kelas bisnis atau baca-baca artikel di internet.

Bisa juga anda belajar dari webinar, live streaming atau kelas online oleh masta-masta dibidang ilmu penjualan.

Jadi intinya, jika anda ingin menjadi milyader namun saat ini anda masih menjadi pengusaha kelas kecil. Maka jangan berkecil hati dan harus terus belajar. Karena dengan belajar maka pintu sukses akan terbuka lebar didepan mata anda.

Jenis Usaha Kecil-Kecilan yang Bisa Anda Coba

Untuk jenis usaha kecil-kecilan yang bisa anda coba saat ini sudah cukup banyak. Baik yang dimulai dari modal Rp. 500.000 hingga modal 25.000.000. Dan ada usaha yang modalnya cuma android dan kuota internet doang!!.

Jadi tergantung budget, yag anda miliki numun anda harus tetap memilih usaha yang sesuai dengan minat anda. Agar bisnis yang anda jalankan tidak terhenti ditengah jalan.

Jika anda masih tetap merasa bingung mau memulai usaha apa! maka saran saya, silahkan anda baca kembali artikel saya yang kemarin ‘Bingung mau usaha apa?’.

Ok, saya anggap anda sudah membaca artikel saya tersebut. Dan saya akan berikan beberapa jenis usaha yang bisa anda coba :

1.Bisnis Online Modal Akses Android dan kuota Doang!!

Jenis usaha kecil-kecilan yang petama adalah Affiliate Marketing. Jadi anda hanya mempromosikan produk orang lain melalui internet dan akan mendapat komisi jika ada penjualan dari referensi anda.

Biasanya pemilik produk memberikan akses gratis pada anda untuk bergabung menjadi tenaga pemasar produk mereka.

Lalu anda akan diberikan link atau url ,  benner bahkan ruang tersendiri untuk mengetahui aktivitas dari calon pembeli yang datang dari anda.

Saat ini sudah cukup banyak produsen atau pemilik produk yang menawarkan sistem ini. Baik itu produk fisik ataupun Digital dan dari dalam negeri maupun luar negeri juga ada. Tinggal anda mau pilih yang mana!.

Untuk Situs yang menjual produk fisik adalah sebagai berikut :

  1. amazon.com (luar Negeri)
  2. Blibli.com (dalam negeri)
  3. Mataharimall.com (dalam Negeri)
  4. lazada (dalam negeri)
  5. tipshamil.com (buku kesehatan)
  6. dan masih banyak lagi

Untuk situs yang menjual Produk Digital ataupun jasa :

  1. Ckikbank (luar negeri)
  2.  Commission Junction (CJ)
  3.  ratakan.com
  4. Situs webhosting (sebagian besar situs webhosting menawarkan sistem affiliate)
  5. yukbisnis.com (produk ebook, buku, CV)
  6. dll.
2. Bisnis Kemitraan modal Rp.2.500.000 hingga Rp.12.000.000

Bagi yang ingin memulai bisnis namun belum mempunyai produk dan sistem bisnis maka bisnis kemitraan ini sangat cocok anda coba. Anda cukup membeli kemitraannya maka akan diberikan mesin, perlengkapan serta metode pembuatan produk.

Dan untuk menemukan bisnis kemitraaan semacam ini cukup mudah, karena banyak yang menawarkan bisnis ini di Internet.

Biasanya usaha kemitraan yang banyak ditawarkan adalah usaha dibidang kuliner. Baik itu ,es krim, minuman dingin, eggrol, sosis, hot potato dan jenis makanan unik lainnya.

Untuk jenis usaha ini saya akan mereferensikan website yang sudah sangat terpercaya dan juga sudah memiliki jaringan yang luas yakni Toko Mesin Maksindo.

Selain menjual mesin-mesin yang dibutuhkan di dunia usaha, pertanian, rumah tangga dll. Toko mesin maksindo juga membuka paket usaha kuliner.

Mereka menyediakan dari mesin, perlengkapan,booth, desain both, vidieo trening pembuatan produk kuliner hingga gratis ongkir pengiriman paket usaha untuk wilayah tertentu.

Untuk mendapatkan insfirasi usaha anda bisa langsung kunjungi situs ini “tokomesin.com/paket-usaha”. 

Disana anda akan menemukan banyak jenis usaha yang bisa anda mulai dari harga yang paling rendah yakni Rp. 2.500.000 hingga diharga Rp. 13.000.000.

3. Online Shop dengan modal Rp. 200.000 hingga Rp. 2.500.000

Saat ini yang lagi trend adalah jualan modal kecil melalui media sosial, seperti facebook, whatsapp, Instagram, telegram dan sebagainya.

Usaha kecil-kecilan model ini, cukup membantu banyak orang dalam memperoleh penghasilan tambahan. Termasuk saya, yang saat ini juga berprofesi sebagai Online shop.

Olshop yang saya jalankan tentunya dibantu isteri karena memang target pasar banyak emak-emak. Jadi komunikasi akan lebih efektif.

Sedangkan produk yang saya jual melalui media sosial ini saya dapatkan juga lewat online. Dan cara mencari produk secara online ini sudah pernah saya bahas di materi awal berikut ini ‘Cara mencari suplayer murah lewat online’.

Saya sendiri menekuni usaha ini dengan modal seadanya, tergantung pesanan dari konsumen yang akan membeli produk saya.

Terkarang saya sekali order hanya modal Rp. 150.000 hingga Rp. 1.000.000 tergantung pesanan.

Untuk strategi yang saya gunakan,  mencari calon pembeli terlebih dahulu dengan mengupload foto produk di media sosial seperti fb, lalu ketika ada yang berminat baru barang tersebut itu saya pesan ke suplayer.

Calon pembeli saya janjikan produknya dipesan dulu dengan waktu tunggu 3 hari hingga 15 hari atau lebih dikenal dengan istilah free order.

Sedangkan target wilayah pembeli adalah orang-orang terdekat diwilayah tempat tinggal saya. Karena memang banyak calon pembeli online memutuskan membeli produk dengan memperhatikan ongkos kirim.

Jadi kalau calon pembeli yang kita targetkan adalah orang-orang sekitar maka ongkos kirimnya lebih murah dan bisa gratis.

Nah, itulah beberapa tips dan jenis usaha kecil-kecilan yang bisa anda coba. Mudah-mudahan ulasan yang sedikit ini bermanfaat. Dan bisa anda share kepada orang-orang yang anda kenal.

Tinggalkan Balasan