Cara Membuka Usaha Sendiri Di Rumah Dengan Modal Terbatas

Begitu seringnya kita mendengar kalimat ini ‘Membuka Usaha Sendiri’. Baik itu keluar dari teman dekat kita atau juga orang-orang yang baru lulus kuliah. Dan kalimat ini juga sering menjadi alasan buat mereka yang ingin resign dari pekerjaan.

Kedengarannya keren, ada orang yang berani meninggalkan pekerjaan demi membuka usaha sendiri. Namun membangun sebuah bisnis tidak lah semudah seperti melontarkan kata-kata terebut. Ada banyak hal yang harus kita ketahui agar tidak salah langkah.

Kali ini saya akan mencoba membahas terkait dengan cara membuka usaha sendiri dari rumah anda. Artinya yang akan saya bahas disini adalah cara yang memang dekat dengan kehidupan anda. Yakni Rumah, karena dari sinilah anda bisa menggali potensi yang terdekat dengan anda.

Bagi sebagian besar orang, rumah menjadi tempat peristirahatan, bertemu keluarga, bersosialisasi dengan masyarakat dan lain-lain. Sehingga dari sekian banyak fungsi rumah bagi seseorang maka didalamnya ada potensi bisnis yang bisa anda manfaatkan.

Berawal dari rumah anda bisa menemukan ide-ide bisnis yang menguntungkan. Karena dirumah lah anda bisa memanajemen keuangan keluarga.

Ok, pada dasarnya memulai bisnis itu tidak seperti anda bekerja. Dimana hari ini memulai maka hari ini juga anda sudah tercatat sebagai orang yang berhak mendapatkan gaji.

Dunia bisnis itu penuh dengan ketidak pastian, Bisa jadi saat memulai anda tidak akan mendapatkan hasil bahkan bisa jadi mengalami kerugian.

Dan bisa dibilang, rata-rata orang yang baru memulai bisnis tidak mendapatkan apa-apa di hari pertama bahkan hingga tahun pertama.

Terlebih  lagi usaha yang ia bangun belum memiliki pasar sendiri diwilayah usahanya. Butuh promosi yang gencar serta modal yang kuat.

Maka sangat penting bagi pemula untuk memulai usaha dengan memilih usaha yang memiliki resiko kerugian cukup kecil. Sehingga dengan begitu, tidak membuat ia soox saat kerugian benar-benar ia alami.

Usaha yang memiliki resiko kerugian kecil adalah usaha yang dimulai dengan modal kecil dan bisa diawali dari rumah anda (karena anda tidak perlu mengeluarkan uang sewa).

Untuk itu sebelum memulai usaha rumahan maka ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan guna menggali potensi usaha yang cocok di mulai dari rumah.

Saya jelaskan sebagai berikut :

  1. Gali Potensi Usaha yang cocok buat anda

Letak rumah serta lingkungan rumah yang anda tempati saat ini sangat berpengaruh dengan usaha yang akan anda jalani. Sehingga anda harus benar-benar jeli dalam memutuskan usaha yang akan anda mulai.

Dikarenakan rumah itu memiliki letak dan lingkungan yang bermacam-macam maka anda harus mampu membaca peluang. Untuk mempermudah anda saya akan memberikan beberpa panduan memulai usaha yang sesuai dengan lingkungan anda.

Untuk letak rumah yang berada di perkampungan dengan sedikit penghuni, maka usaha-usaha pertanian, pertenakan yang bisa dikembangkan.

Bisa juga usaha rumahan seperti kerajinan, kreasi yang menggunakan bahan baku dari alam yang ada dsekitar rumah anda.

Untuk letak rumah yang berada di perkampungan yang padat penduduk (yang berada di jalur utama), Usaha seperti warung sembako, warung makanan, sayuran sangat cokok buat di coba. Selain itu, usaha – usaha yang berbasis online juga bisa di coba.

Untuk letak rumah yang berada di perkampungan padapat penduduk namun berada di gang atau jalur belakang, anda bisa memulai usaha via online dengan memanfaatkan promosi via media sosial seperti, fb, Instagram, WA dll.

Dengan full service (misal siap antar kerumah dengan radius terteentu). Usaha yang cocok untuk lingkungan seperti ini adalah produk fashion, perlengkapan, produk trand atau unik., makanan.

Untuk rumah yang terletak di perkotaan baik kota besar atau kota kecil, maka ditempat ini banyak usaha rumahan yang bisa anda mualai baik dari jenis pertanian, pakaian, sembako, kerajinan, perlengkapan, makanan.

Baik via online atau ofline juga bisa anda jalani. Karena di perkotaan memiliki potensi baik itu jumlah penduduk yang banyak, berpenghasilan dari bermacam profesi yang tentunya memiliki potensi perputaran uang yang cukup besar.

Dari panduan diatas saya ingin mengajak anda untuk membaca potensi usaha yang ada dirumah anda karena anda sendiri yang mengetahuinya.

Untuk Kisah sukses usaha rumahan yang sukses sudah begitu banyak bisa anda temukan setiap saat. Ada Ibu-ibu rumah tangga yang mampu sukses usaha sarung bantal dengan sedikit kreasi sehingga layak jual dengan membuat tema-tema tertentu.

Ada juga Ibu rumah tangga yang sukses usaha Somay rumahan dengan membuat kemasan yang menarik serta unik dengan rasa yang enak.

Ada juga Ibu rumah tangga yang sukses dari Jualan produk-produk impor dari china yang terbilang murah dan unik dengan sistem promosi online.

Dan Segudang cerita orang-orang sukses dari usaha yang dimulai dari rumahnya. Bahkan banyak orang-orang yang terkaya di Dunia memulai usahanya diawali dari rumah. Contohnya orang terkaya didunia yang merupakan pionir Toko Online di dunia.

JEFF BEZOS, adalah pendiri Toko Online terbesar didunia yakni AmazonAmazon yang perpusat di Amerika ini.

Ia memulai bisnis toko onlinenya dari garasi rumahnya untuk menyimpan persedian barang dagangnya yang ia jual di Amazon.

Kini toko online miliknya mampu menghantarkan ia menjadi orang terkaya nomor 2 di dunia ditahun 2019 ini.

Ia terpaut 1 tingkat dibawah Bill Gates sang pemilik Microsoft (berdasarkan rilis Bloomberg Billionaires Index akhir tahun 2019).

Jadi yang saya ingin tekankan disini bahwa banyak potensi usaha yang bisa anda bangun dari rumah anda. Tinggal anda menggali potensi yang ada pada anda serta lingkungan anda.

Untuk lebih mendalami usaha atau produk apa yang bisa anda jual, saya sudah menyiapkan materi khusus yang sudah pernah saya ulas di pelajaran sebelumnya. Bisa anda baca di ‘Cara membuka usaha kecil-kecilan’.

2. Seting ulang Mental anda

Sudah saya tegaskan diatas bahwa memulai bisnis itu sangat berbeda dibandingkan jika anda menjadi pekerja. Karena begitu banyak resiko yang harus anda hadapi saat memulai usaha.

Maka untuk memulai usaha anda membutuhkan mental yang kuat dan tahan banting.

Tentunya sebelum memulai usaha anda harus banyak belajar tentang ilmu ini. Anda bisa mengasahnya dengan belajar dari training motivator handal atau membaca buku-buku mereka.

Karena mental itu tidak akan bisa dirubah kecuali dengan dilatih, oleh karena itu saya sangat menyarankan anda untuk banyak membaca buku yang berkaitan dengan motivasi.

Di website ini saya sudah pernah menulis tema tentang motivasi yang bisa anda baca di sini ‘8 tips Menjadi untuk menjadi pengusaha sukses’, 

3. Siapkan Modal anda

Bisnis itu membutuhkan modal dan tidak ada satupun bisnis yang tidak ada modal sama sekali, Namun modal disini jangan hanya artikan sebagai uang. Karena tanpa uang banyak juga kok yang bisa sukses memulai usahanya.

Modal yang saya maksud disini adalah semua potensi yang anda miliki dan bisa dijadikan sebagai jembatan untuk memulai usaha baik itu uang, relasi, atau skill.

Jika anda  tidak memiliki uang namun mempunyai skill maka bisa anda tawarkan kepada orang-orang yang memiliki uang namun tidak mempunyai skill bisnis.

Misalnya, anda mempunyai kemampuan yang baik membuat makanan yang enak maka kemampuan anda tsb bisa anda tawarkan kepada pemodal.

Atau anda mempunyai relasi yang luas, namun anda tidak punya skill atau uang yang cukup untuk memulai usaha namun anda bisa menggali ilmu serta uang dari reasi anda untuk membantu anda menjadi pengusaha hebat.

Banyak kisah, orang-orang sukses di dunia usaha berawal dari relasi yang ia miliki.

Dibuka jalan oleh relasi yang ia miliki tentunya ada nilai yang positif yang dimiliki sehingga membuat orang tertarik membantu atau menawarkan bisnis.

Misalnya, nilai kejujuran, pekerja keras, kesetiakawanan, kepedulian, atau kekerabatan.

biasanya nilai-nilai ini yang membuat orang tergerak membantu anda untuk mengajari bisnis atau menawarkan peluang bisnis.

 

Tinggalkan Balasan