Syarat Wajib Dalam Memulai Bisnis Untuk Pemula

Memulai sebuah bisnis itu akan lebih bagus jika kita terlebih dahulu mempelajari ilmu bisnisnya. Karena dengan bermodalkan ilmu maka resiko gagal itu akan lebih kecil.

Sangat berbeda dengan mereka yang memulai bisnis asal terjun tanpa dibekali ilmu.

Kebanyakan mereka akan cepat gulung tikar atau bangrut, dan parahnya mereka ga berani bangkit lagi sehingga mereka menjadi orang yang gagal total.

Untuk itu, pada hari ini saya ingin mengajak anda belajar mengenai ilmu bisnis terlebih dahulu.

Kali ini saya akan membagikan kepada anda 4 syarat wajib dalam memulai bisnis. Kepempat syarat ini harus anda perhatikan dan terapkan saat akan memulai bisnis.

Untuk lebih lengkapnya akan saya kupas lebih dalam berikut ini :

Harus Mencari Bisnis Yang Menguntungkan

Bisnis itu hasil akhirnya adalah mencari keuntungan artinya motivasi banyak orang dalam membangun bisnis adalah memperoleh keuntungan dari usaha yang ia jalankan.

Oleh karena itu, merupakan alasan yang sangat penting kenapa kita menomor satukan bisnis harus menguntungkan.

Tentunya kita tidak ingin mempunyai bisnis,  terlihat gagah dari segi penampilan tempatnya serta modalnya namun keuntungan sangat tipis atau bahkan selalu merugi.

Kita tidak butuh itu bukan! yang kita butuhkan adalah keuntungan dari usaha yang kita jalankan.

Lalu bagaimana cara melihat bisnis kita menguntungkan atau tidak? tentunya dengan cara melakukan riset pasar terlebih dahulu.

Itulah kenapa kita sering menemukan sebuah bisnis baru yang akan didirikan disuatu wilayah dan dimiliki oleh pembisnis-pembisnis besar.

Mereka pertama-tama melakukan riset pasar terlebih dahulu, agar mampu meminimalkan resiko.

Tentunya mereka tidak ingin membuang uang mereka karena bisnis yang mereka bangun tidak menguntungkan.

Untuk itu, saat anda akan membangun bisnis maka yang perlu anda lakukan adalah mencari bisnis yang menguntungkan dengan cara riset pasar.

Lalu seperti apa saja langkah-langkah yang perlu anda lakukan saat riset pasar berikut penjelasan lengkapnya :

Survey pasar, anda mungkin sering melihat ada orang-orang yang duduk dipinggir jalan lalu menghitung jumlah motor atau mobil yang lewat.

Sebetulnya mereka itu bukan orang-orang yang kurang kerjaan namun mereka sedang melakukan tahap awal saat akan membangun bisnis.

Itulah salah satu contoh survey pasar dan masih banyak bentuk lain seperti kuisioner atau wawancara langsung. Agar kita mengetahui apa yang dibutuhkan pasar dan produk yang kita keluarkan tepat untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Pengamatan pada perkembangan pasar, mengamati perkembangan disekitar wilayah target pasar kita baik itu produk atau issu yang lagi trend tentunya bisa jadi bahan pertimbangan untuk memutuskan dalam mengeluarkan produk.

Terlebih lagi produk yang akan keluarkan adalah berbasis trend.

Mengamati tingkat persaingan, Selain kita mengamati kebutuhan pasar dan perkembangan yang sedang terjadi. Kita juga butuh mengetahui tingkat persaingan di pasar yang kita bidik.

Seberapa banyak persaing dari produk yang akan kita garap serta seberapa besar kekuatan dari pesaing kita. Dan mengamati apa saja kelebihan dan kelemahan pesaing.

Uji Coba Pasar, Anda mungkin pernah menemukan ada orang yang sedang membagikan tester produk kepada beberapa orang. Lalu menanyakan langsung baik dari segi rasa , bentuk dll atau mereka hanya sekedar memberikan dan mengamati dari jauh dari sikap orang-orang mereka test.

Itulah beberapa cara riset pasar yang bisa anda lakukan, agar bisnis yang akan anda bangun benar-benar menguntungkan.

Bisnis Itu Harus Bisa diduplikasi

Membangun bisnis hingga laku dipasaran itu bisa dilakukan oleh banyak orang namun mampu membangun bisnis yang bisa di duplikasi.

Masih sedikit orang yang menguasai skill ini, sehingga kita banyak menemukan usaha-usaha yang ramai pembeli dan sudah berdiri bertahun-tahun namun masih sangat bergantung pada ownernya.

Kalau sang ownernya sedang tidak datang maka bisnisnya akan mengalami masalah atau mengalami penurunan omsetnya.

Nah, bila ini yang terjadi pada bisnis anda maka sesungguhnya anda masih belum menjadi seorang pembisnis. Akan tetapi sebagai pekerja yang sedang mengerjakan usaha sendiri.

Itu mengapa pentingnya bisnis yang bisa diduplikasikan agar terhindar dari permasalahan diatas. Sehingga bisnis kita mampu di jalankan oleh siapapun dengan sistem yang sudah kita buat.

Sebagai contoh bisnis yang bisa di duplikasi adalah bisnis dengan sistem franchise, dimana anda bisa melihat alfa, Indomaret, KFC dll bisa begitu cepat membuka cabangnya di seluruh wilayah.

Coba bayangkan jika anda membuka cabang di seluruh Indonesia tanpa menggunakan sistem franchise maka berapa lama waktu yang anda butuhkan.

Belum lagi modal yang dibutuhkan tidak sedikit, jadi bisa anda bayangkan berapa modal membuka 1 gerainya jika kita ambil rata-rata saat ini dibutuhkan modal 1 Milyar  untuk membangun 1 gerai.

Sampai dengan akhir tahun 2017 Indomaret sudah memiliki 14.846 gerai yang tersebar diseluruh Indonesia. Jadi akan sangat mustahil pemilik indomaret mampu membuka gerai sebanyak itu jika caranya masih konvensional.

Untuk itu jika anda ingin sukses di dunia bisnis maka harus memiliki kemampuan untuk membuat bisnis yang tersistemasi. Berikut ini akan saya jelaskan lebih mendalam kepada anda.

Bisnis Itu harus  tersistemasi dengan baik

Pada dasarnya sistemasi bisnis itu sendiri merupakan pembuatan konsep atau perencanaan dari sebuah bisnis sebelum memulai bisnis tersebut (business plan).

Hal ini sangat penting karena akan menjelaskan aktivitas kepada tim anda yang akan memudahkan bisnis anda tersistemasi.

Business plan itu sendiri adalah dokumen tertulis yang dibuat oleh pembisnis yang berisi gambaran dari perusahaan untuk memulai suatu usaha.

Lalu langkah berikutnya yang perlu anda lakukan adalah membuat business plan yang baik dan ini tips-tipsnya akan saya jabarkan berikut ini.

Pengorganisasian, salah satu yang banyak dilakukan oleh pembisnis adalah dengan membuat jadwal kerja sehingga dengan begitu anda akan dengan mudah memantau tugas yang sudah terlaksanakan oleh tim anda.

Dan juga anda akan dengan mudah mengevalusi hal-hal yang kurang dan perlu di tingkatkan.

Personal branding, sebetulnya hampir mirip dengan istilah didunia politik yakni Pencitraan. dimana kita sedang memperkenalkan diri dengan tujuan agar orang lain membuat penilaian kepada kita. Baik itu dinilai sebagai orang baik, jujur, dll.

Sehingga ketika kita mempunyai bisnis maka personal branding yang kita miliki akan menjadi penilaian awal dari bisnis kita.

Siap Berkompetisi, yang perlu anda pahami adalah bisnis itu tidak akan pernah lepas dari yang namanya kompetisi. Sehingga hal ini bukan untuk dihindari namun dihadapi.

Kita harus mengenali pesaing-pesaing kita dan menyiapkan langkah-langkah kita untuk menghadapinya. Itu kenapa setiap pembisnis harus selalu berinovasi agar mampu menghadapi persaingan.

Nah, dengan miliki tiga dasar membangun busines plan diatas maka bisnis kita akan tersistemasi dengan baik.

Bisnisnya Harus Bisa dijalankan orang lain

Banyak orang yang memiliki bisnis namun semuanya dikerjakan olehnya sendiri. Walaupun sudah ada karyawannya namun bisnisnya masih sangat terikat dengan pimiliknya.

Ketika sang pemilik tidak masuk karena urusan keluarga atapun sakit, maka usaha yang ia jalankan mengalami permasalahan.

Baik itu, sepi pelanggan atau tidak mampu melayani konsumen dengan baik. Maka bisnis model seperti ini adalah bisnis yang jelek dan harus segera dibenahi.

Itu kenapa anda harus mampu membuat sebuah bisnis itu tersistemasi. Agar beberapa permasalahan diatas bisa  terselesaikan.

Untuk itu agar bisnis yang telah anda bangun dan menguntungkan maka perlu dibuat sistemasi bisnis dengan cara yang dijelaskan diatas.

Setelah dibuatnya sistem bisnis maka bisnis anda akan lebih cepat membesar dan menguntungkan. Selain itu anda akan menghemat waktu dan tenaga karena usaha anda bisa dijalankan oleh orang lain.

Ok, dari uraian panjang yang saya jelaskan diatas maka anda harus memperhatikan tiga hal yakni Bisnis harus menguntungkan, Bisnis harus tersistemasi, dan Bisnis harus bisa dikerjakan oleh orang lain.

Mudah mudahan uraian diatas bisa bermanfaat buat anda, dan anda bisa membaca tips menarik yang pernah saya ulas agar menjadi pengusaha sejati di “delapan tips jitu menjadi pengusaha sukses”.

Tinggalkan Balasan