Tips dan Trik Memulai Usaha Kuliner Tanpa Modal

Usaha kulinet tanpa modal

Usaha kuliner tak pernah surut sepanjang zaman, kerena kuliner itu sendiri adalah kebutuhan pokok manusia. Kita bisa melihat di hampir semua tempat selalu ada saja usaha kuliner baik di pedesaan atau perkotaan.

Sekalipun di didesa yang terpencil dan jauh dari kota, anda bisa menemukan pedagang bakso, mie ayam, pecel lontong dan jenis usaha kuliner lainnya.

Usaha jenis ini tidak pernah mati karena memang targetnya adalah kebutuhan dasar manusia yang tidak bisa  berhenti makan. Berbeda dengan pakaian, bisa saja seseorang menunda beli baju baru dikarena kondisi keuangan lagi sulit.

Sedangkan makanan, walau sesulit apapun kondisi ekonomi makan tetap saja harus dipenuhi. Sehingga prospek bisnis kuliner sangat luas.

Untuk itu, buat anda yang ingin memulai usaha maka bisnis kuliner akan bisa menjadi pilihan yang cocok. Karena bisnis kuliner tidak memerlukan modal yang besar bahkan Tanpa modal bisa anda jalani.

Pada pembahasan kali ini saya akan mengulas terkait tips dan trik bagai mana memulai usaha kuliner tanpa modal.

Namun sebelum, memulai usaha kuliner maka ada beberapa hal yang harus anda siapkan terlebih dahulu. Penjelasan lengkapnya sebagai berikut :

Konsep Usaha Kuliner yang Baik dan Menarik

Meski memulai  usaha kuliner kecil kecilan tetap saja kita memerlukan konsep usaha yang baik dan menarik. Karena pada endingnya sebuah usaha didirikan adalah untuk mencapai kesuksesan.

Usaha kuliner yang kita dirikan bukan hanya sekedar sambilan atau hanya iseng-iseng saja. Namun jika ini yang menjadi niat awal anda memulainya, maka bisnis tersebut tidak akan bertahan lama.

Oleh karena itu, anda perlu membuat sebuah konsep usaha yang baik dan menarik. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat konsep usaha.

Yang pertama, Tentukan jenis kuliner yang akan anda jual karena ini penting. Dan untuk menentukannya anda bisa memulai dari kuliner yang anda sukai.

Yang kedua, memulai usaha kuliner dengan mengutamakan rasa yang enak karena dengan rasa ini pelanggan akan menjadi setia.

Yang ketiga, Buat usaha yang unik dan memiliki pembeda dengan bisnis pesaing. Bisa dari segi tempat atau bentuknya yang unik.

Bisa juga dari nama-namanya yang unik sehingga calon pembeli tertarik mencoba jualan anda.

Menciptakan Produk dengan rasa yang Enak dan Khas

Kita sering sekali melihat grand opening sebuah usaha kuliner dengan konsep yang unik dan menarik. Dimana dihari pertama hingga beberapa hari kemudian dipenuhi oleh pembeli.

Yang disebabkan daya tarik dari promo serta sistem promosi yang baik mampu membawa banyak orang mau mencoba dan mencicipi masakan yang dijual.

Namun banyak pengusaha kuliner yang mengenyampingkan rasa dari makanan yang ia jual. Sehingga tidak sedikit usaha kuliner yang tutup ditahun pertama.

Disebabkan oleh rasa masakan yang dijual kurang enak dan tidak mampu merespon keluhan pelanggan dengan cepat.

Oleh karena itu sebelum anda melouncing sebuah usaha kuliner. Sebaiknya ada harus benar-benar membuat racikan makanan yang sedap dan mempunyai ciri khas tersendiri.

Untuk itu, jika memang anda bukan orang yang jago memasak maka perlu membayar orang yang jago untuk bergabung dengan team usaha anda.

Bisa juga anda terlebih dahulu belajar kepada juru masak yang telah terbukti mampu membuat masakan-masakan yang enak.

Setelah anda mampu menciptakan masakan yang enak maka anda juga perlu membuat ciri khas tersendiri.

Pembeda dari usaha sejenis lainnya tidak harus dari segi rasa, namun bisa berupa bentuk, tempat usaha, atau dari segi nama yang mengundang keinginan tahuan calon pembeli.

Sebagai contoh, saat produk bakso beranak pertama muncul dan menjadi viral, Banyak orang yang penasaran dengan makanan ini. Karena dari segi nama saja sudah mengundang keingin tahuan orang.

Dimana masyarakat saat itu hanya tahu dengan bakso urat, bakso telor namun tiba-tiba bakso bentuk lain yang kedengarannya unit.

Kok bisa bakso bisa peranak! dan dengan bentuk baru ini rupanya mampu memikat banyak orang. Padahal sama-sama berbahan dasar bakso dan rasanya pun sama dengan bakso bentuk lain.

Tentukan Target Pasar yang akan anda bidik

Sebelum memulai usaha kuliner, anda juga harus menentukan target pasar yang akan bidik. Hal ini sangat penting, agar anda tidak salah sasaran.

Jika ini terjadi pada usaha kuliner yang anda jalankan maka siap-siap mengalami sepi pelanggan.

Usaha yang anda buat seharusnya untuk kelas menengah ke atas namun anda jual kepada masyarakat menengah kebawah.

Biasanya produk yang tidak tepat sasaran tidak akan laku di pasaran. Hal ini akan mengakibatkan kehancuran pada usaha anda.

Karena calon pembeli dengan tingkat ekonomi menengah kebawah biasanya akan melihat dari harga yang anda tawarkan.

Bagi kelas ini yang sangat menentukan keputusan mereka membeli adalah hanya dua. Harga yang murah dan rasanya yang enak.

Dan tidak begitu memperdulikan dari segi bahan bagu, apakah dari daging yang segar dengan kualitas tinggi atau bukan.

Tidak juga mereka memperhatikan dari bahan baku yang organik atau tidak!. Atau menanyakan dari dari gula rendah kalori atau bukan.Masyarakat ekonomi menegah kebawah tidak begitu memperhatikan hal itu.

Untuk menentukan target pasar tidak hanya dari tingkat ekonomi namun bisa ditentukan dari usia dan jenis kelamin dan lain-lain.

Setelah anda tahu, siapa target pasar anda maka hal ini sangat berpengaruh saat anda ingin membangun tempat usaha.

Ketika anda menarget pasar kelas atas maka tempat yang cocok dijadikan tempat usaha adalah, mall, kota-kota besar yang banyak orang-orang dari ekonomi kelas atas yang beraktivitas disana.

Dan tidak cocok jika anda medirikannya dilingkungan kampus dimana banyak penghuninya adalah mahasiswa atau anak sekolah.

Setalah anda melakukan tiga langkah diatas maka baru anda memikirkan modal. Bisa dengan cara membangun usaha kuliner tanpa modal atau bisa juga dengan modal terbatas.

Anda mungkin akan bertanya, terus bagaimana cara membangun bisnis makanan yang menguntungkan tanpa modal. Inilah tema pokok dari materi kali ini yang akan  saya bahas disini.

Memulai Usaha Kuliner Tanpa Modal

Rasanya, tidak pernah saya temukan ada seseorang yang memulai usaha tanpa modal sama sekali. Namun kalau memulai usaha tanpa uang sendiri mungkin sudah banyak kita temukan.

Bisnis kuliner dengan menggunakan uang orang lain masih sangat mungkin dilakukan. Akan tetapi usaha tanpa modal sama sekali itu adalah mustahil bisa dilakukan.

Oleh karena itu, yang perlu anda kuasai untuk memulai usaha kuliner tanpa modal alias menggunakan uang orang lain adalah :

Yang pertama : Anda harus memiliki integritas,

Karena ini adalah modal dasar orang lain akan percaya dengan anda. Apa sie yang dimaksud dengan Integritas! secera sederhana maksudnya adalah nilai kejujuran dan karakter yang kuat yang ada pada anda.

Secara sederhana coba bertanya pada diri sendiri ketika akan menitipkan uang kepada orang lain maka apa yang pertama anda liat dari orang tersebut!.

Saya rasa yang akan anda lihat adalah kejujuran orang tersebut. Oleh karena itu, kepribadian ini yang harus dimiliki setiap insan yang ingin sukses.

Bagi seorang muslim, kejujuran sudah di contohkan oleh Rasulullah dalam praktek kehidupan sehari-hari beliau sehingga dikenal dengan sebutan Al Amin.

Nilai kejujuran inilah yang membuat saudagar kaya yakni Siti Khodijah Mempercayakan hartanya untuk dikelola Rasulullah.

Sehingga menjadi sebuah niaga yang sangat menguntungkan bahkan kejujuran inilah yang membuat Siti Khodijah ra terpikat dan ingin menikah dengan Rasulullah.

Begitu sangat pentingnya menjaga nilai-nilai kejujuran ini yang sangat berguna bagi kehidupan baik dunia terlebih lagi akhirat.

Yang Kedua : Skill atau Keterampilan

Selain jujur maka modal kedua yang harus anda miliki untuk mendapatkan modal usaha dari orang lain adalah keterampilan.

Keterampilan kita dalam membuat konsep usaha kuliner yang baik serta kemampuan membuat makanan yang enak tentunya akan memperkuat keyakinan orang lain untuk mempercayai anda.

Diluar sana sangat banyak orang yang punya uang namun bingung mencari orang yang tepat untuk mengelola dana mereka.

Terlebih lagi zaman saat ini dimana nilai kejujuran tampak semakin langka, terutama saat perilaku bohong banyak ditampakkan di masyarakat.

Nah, dari penjabaran panjang ini maka benang merah yang bisa saya tarik, Jika anda ingin memiliki usaha kuliner tanpa modal maka anda harus memiliki Integritas dan Keterampilan.

Tinggalkan Balasan